Mengenal HarvestBot : Teknologi Cerdas untuk Tanaman Berbasis Internet of Things

home

Background

        Halo Generasi millennial ! Kita telah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara agraris dan sebagian besar penduduknya bermata pencarian dibidang pertanian. Indonesia dikaruniai kondisi alam yang mendukung, hamparan lahan yang luas, keragaman hayati yang melimpah, beriklim tropis yang dimana sinar matahari terjadi sepanjang tahun sehingga bisa menanam sepanjang tahun. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh setiap individu atau kelompok yang ingin mengembangkan budidaya tanaman diantaranya dengan hidroponik atau aquaponic. Aquaponic sendiri adalah kombinasi dari akuakultur budidaya ikan dan hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa tanah. Untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam pembudidayaan tanaman tentu dibutuhkan suatu teknologi yang mendukung, kali ini saya akan memperkenalkan teknologi bernama HarvestBot untuk yang bisa mengurangi resiko gagal panen tanaman selama dibudidayakan. Diharapkan teknologi tersebut juga dapat merawat tanaman yang ada di rumah agar tetap terawat meskipun ditinggalkan.

        HarvesBot terinsipirasi dari sistem teknologi pada Smart Green House yang merupakan salah satu pengembangan teknologi komputer dan informasi yang digunakan untuk bidang pertanian, perkebunan dan rumah tangga. Dan, rancang bangun teknologi HarvesBot sendiri dilakukan oleh saya dan Tim yang terdiri atas beberapa divisi. HarvestBot memiliki prinsip yang cukup mirip dengan sistem aquaponic dimana selain menanam tanaman, petani atau rumah tangga dapat mengembangbiakan ikan. HarvestBot menerapkan teknologi komputer berbasis IoT (Internet of Things) yang mendukung untuk memaksimalkan hasil panen tanaman dan perikanan.

        Pada teknologi ini juga dirancang sebuah robot yang mampu untuk membantu proses penanam dan memanen tanaman. Terdapat sistem perairan dan pencahayaan otomatis yang membantu proses pertumbuhan tanaman. Sistem monitoring yang terintegrasi dengan aplikasi website dan android yang dapat membantu petani dan rumah tangga untuk mengetahui setiap perkembangan tanaman dan ikan, dan keamanan Smart Green House. Aplikasi yang dibangun berguna untuk monitoring dan keamanan. Monitoring pada HarvestBot meliputi pertumbuhan tanaman secara real time, suhu tanaman, kadar air, dan keamanan pada HarvestBot. Monitoring ini dapat terlihat dengan menggunakan aplikasi berbasis website dan aplikasi berbasis yang disesuaikan dengan kebutuhan user.

        Pada Ujicoba teknologi HarvestBot ini menggunakan tanaman bayam merah. Bayam merah dapat tumbuh sepanjang tahun, baik di dataran rendah maupun tinggi. Oleh karena itu, tanaman ini dapat ditaman di kebun dan pekarangan rumah. Bayam merah biasa ditanam di tegalan. Waktu tanam yang baik ialah awal musim hujan atau pada awal musim kemarau. Bayam tumbuh 25 – 35 hari setelah tanam. Ketika itu, tinggi tanaman antara 15 – 20 cm dan masih belum berbunga.

Fiture

HarvestBot memiliki beberapa fitur diantaranya :

  • Terintegrasi Web dan Aplikasi Mobile
  • Panen otomatis menggunakan Robot
  • Dilengkapi sistem sensor diantaranya sensor suhu dan kelembaban, dan deteksi gangguan ( maling )
  • Pintu Otomatis yang hanya bisa diakses oleh Pemiliki Kebun
  • Sistem Exhause untuk pergantian udara bersih dan kotor
  • Sensor Keamanan maket ( Rumah )
  • Monitoring perkembangan tinggi tanaman menggunakan CCTV
  • Sistem pakan otomatis
  • Pengaturan pompa air otomatis
  • Menggunakan Energi Surya ( Sollar Cell ) sebagai penyuplai daya pada alat

 

Prototpye

Berikut gambar prototype dari teknologi HarvestBot yang telah dirancang dan diujicoba.

– Prototype Pertama

1

Desain Lahan Kebun dan Aquaponic

2
Desain Awal Kerangka Robot
3

Desain Maket

 

– Prototype Kedua

               Pada rancang bangun prototype yang kedua ini, telah dilengkapi dengan aplikasi mobile dan web untuk memonitoring keadaan tanaman. Berikut tampilan screenshoot aplikasi yang sudah dibuat :

Mobile Application

This slideshow requires JavaScript.

Web Application

        User dapat memantau kondisi tanaman dan lingkungan melalui Halaman Dashboard setelah melakukan login terlebih dahulu.

 

Robot

              Robot berkerja sesuai parameter yang diberikan oleh user. User bebas menentukan kapan robot tersebut harus mencabut tanaman secara otomatis apabila sudah panen.  

 

Finishing

        Diharapkan teknologi HarvesBot bisa lebih berkembang, dan menginspirasi penggiat atau developer IoT untuk bisa berkarya lebih inovatif dan kreatif lagi. Khsususnya bagi developer yang ingin berkontribusi untuk memajukan kegiatan pertanian atau perkebunan di Indonesia.

         Apabila ada pertanyaan tentang proyek ini bisa hubungi Project Manager of HarvesBot ( Thoriq / 08988468802 ) atau saya ( Irwan / 085711701945 ) sebagai Head of Automation and Power Supply Division. Sekian dari saya semoga bermanfaat, salam Millenial !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s