Say no to ‘Ngeluh’, Cause Every Day You Can Up

1453208260569e32c41ad29

Berhentilah mengeluh agar kamu bisa terus naik kepuncak tertinggi kedewasaan hidup

Banyak dari kita sering mengeluh atas masalah yang terjadi, baik itu masalah kecil maupun besar. Hal itu terkadang membuat kita lupa, bahwa diluar sana banyak orang yang punya masalah yang lebih besar dan rumit daripada kita.

        Mengeluh sering menjadi bagian dari sifat dasar manusia. Kitapun ga akan pernah sadar dan prediksi kapan itu akan terjadi. Hal kayak gitu bisa aja terjadi disaat diri kita lagi banyak kerjaan, nugas, skripsi-an, dll. Mengeluh sering kita alamin ketika kita menghadapi segala hal yang sulit aja dalam hidup kita bukan ?.  Mungkin ga semua orang bisa pantang terhadap sifat ‘ngeluh’, namun ini bisa dilatih. Coba deh, saat kita mengeluh, kenapa kita ga berfikir setiap masalah itu justru menjadi modal kita untuk terus belajar. Disetiap permasalahan yang akan dhadapi kita percaya bahwa kita bisa dan ga cengeng buat hadapin itu. Justru, dengan datengnya sifat mengeluh dalam diri bisa membuat kita sadar, ga semua orang bisa mendapatkan apa yang kita sedang kita keluhkan sekarang, ga semua orang bisa melakukan yang saat ini kita lakukan, dan hal tersebut ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang baik buat diri kita. Naluri manusia memperbolehkan untuk merasakan ‘keluhan’, hal itu sah-sah aja selama diri kita bisa menyikapi sifat mengeluh itu secara positif. Diantaranya, kalo lagi ngeluh karena banyak tugas, ya kita harus mikir ‘tugas itu penting, kalo ga ngerjain gue ga dapet nilai, dan ga bisa dapet ilmu nantinya’.

        Untuk mereduksi sifat mengeluh juga dibutuhkan rasa bersyukur setiap saat. Sedikit demi sedikit, dan seiring berjalannya waktu bersyukur terhadap sesuatu yang kita hadapi dan dapatkan itu memang penting. Dengan bersyukur pula kita akan sadar bahwa sesuatu pekerjaan atau tugas yang sulit atau saking numpuknya sedikitnya past memberikan kita manfaat atau pelajaran untuk diri kita. Gausah terlalu banyak mikir yang susahnya aja, sampe-sampe kita putus asa dan ga ngelanjutin ngerjain sesuatu yang belum tentu buruk buat kita.  Sifat mengeluh itu lama- kelamaan akan melatih diri kita menjadi pribadi yang kuat, sabar, dan tabah. Tapi, bukan berarti berharap untuk mengeluh terus juga. Hadapi aja dulu masalahnya, sikapi dengan bijak,  dan berfikir secara jangka panjang terhadap sesuatu yang sedang kita hadapi.

        Jadi, tetap semangat dan jalanin secara enjoy dan tuntas pekerjaan kalian. Gue tau, setiap aktivitas itu ada level-levelnya mulai dari yang mudah dikerjain sampe yang sulit. Dalam setiap aktivitas itu menuntut kita untuk bertanggung jawab, bekerja secara ikhlas, sabar, dan pastinya positive thingking about that. Mulailah, mem-filter kemudian buang jauh-jauh segala sifat mengeluh dalam pekerjaan yang kita jalani. Harus bersyukur, dan kalo merasa susah minta sama Allah lewat Do’a, Ok ? 🙂

 

Sumber Gambar :

www.nu.or.id 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s